Tuesday, June 3, 2014

Film Garuda 19 Semangat Membatu

2 comments
Film bertema sepak bola bakal kembali disutradarai Andibachtiar Yusuf. Kali ini, berjudul Garuda 19 Semangat Membatu yang dikembangkan dari dua buku terbitan Bentang Pustaka. Yaitu Semangat Membatu karya FX Rudi Gunawan dan Guntur Cahyo Utomo serta buku Menolak Menyerah Karya FX Rudi Gunawan.

Nantinya, film yang dirancang berdurasi 120 menit tersebut baru bisa dirilis pada September 2014. Andibachtiar mengatakan, lokasi pengambilan gambar dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Buton, Konawe (Kendari) dan Alor (Kupang).

"Film ini menceritakan perjuangan pembentukan Timnas U-19. Para pemain, pelatih dan masyarakat Indonesia sama-sama bermimpi memiliki sepak bola yang tangguh dan bisa memberikan harapan untuk meraih kemenangan," katanya.

"Karena itu, film ini bukan hanya menjadi penyemangat untuk terus mendukung Timnas Indonesia U-19. Melainkan, memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan cita-citanya. Yakni, apapun bisa dicapai hanya dengan cara bekerja keras," tuturnya.

Film garapan Mizan Productions dan ditulis Swastika Nohara tersebut, didukung aktor kawakan Mathias Muchus, Ibnu Jamil, Mandala Soji, Puadin Redi, Rea Aditya, Verdi Solaiman.

Selain itu, masih ada Rendy Ahmad yang pernah berperan sebagai Arai dalam film Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi Sekuel 2 Edensor. Kemudian, Gazza Zubizareta, Yusuf Mahardika yang dikenal dalam serial TV Tendangan Si Madun. Lalu, ada lagi Agri Firdaus, Amanda Ayunda, Bilqis Utari dan Beta.

"Produser punya ide besar dalam pembuatan film ini yang saya nilai sangat langka dan luar biasa jika digali dari perspektif yang tidak biasa. Yang pasti, kami inginmenyebarkan. cerita inspiratif ke seluruh anak Indonesia. Anak-anak diharapkan bisa dapat belajar dari semangat anak Timnas U-19 untuk bisa maju dan penyemangat hidup untuk lebih baik serta dapat membanggakan sekelilingnya," pungkasnya.

Sayang tidak ada pemain dan ofisial tim yang akan bermain dalam  film tersebut. Ini dikarenakan padatnya jadwal aktivitas skuat Garuda Jaya dalam persiapan jelang tampil di putaran final Piala Asia U-19.

"Saya ingin melibatkan pemain timnas U-19. Tetapi mereka dan tim ofisial sedang dalam persiapan berlaga di Piala Asia. Sehingga tidak memungkinkan untuk tampil dalam film ini," kata sutradara film `Garuda 19 Semangat Membatu', Andibachtiar Yusuf, dalam konferensi pers di Warung Solo, Jumat (30/5/2014).

Timnas Indonesia U-19 berada di bawah pengelolaan Badan Tim Nasional (BTN), yang dibentuk PSSI. Jadi semua kegiatan yang mengatasnamakan skuat Garuda Jaya harus seizin organisasi pimpinan La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Andibachtiar Yusuf mengaku belum berkomunikasi dengan pengurus BTN ataupun PSSI. Dia hanya berbicara dengan pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengenai pembuatan film tersebut. "Komunikasi belum ada. Tapi ngobrol informal sudah ada dengan Indra Sjafri," tuturnya.

Film ini didukung aktor kawakan Mathias Muchus, Ibnu Jamil, Mandala Shoji, Puadin Redi, Reza Aditya, Verdi Solaiman, Amanda Ayunda, Bilqis Utari, dan pemain muda berbakat seperti Rendy Ahmad yang berperan sebagai Arai di film Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi sekuel 2 Edensor.

Cerita bermula dari pelatih Indra Sjafri yang diperankan Mathias Muchus melakukan pencarian pemain ke pelosok daerah. Kemudian, mempersiapkan timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala AFF 2013 Jawa Timur. Skuat Garuda Jaya meraih gelar juara Piala AFF 2013.

Kemudian, timnas Indonesia U-19 dipersiapkan berlaga di babak kualifikasi Piala Asia 2014. Skuat asuhan pelatih Indra Sjafri berada di grup G bersama Laos, Filipina, dan Korea Selatan.

Related Post

Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Prosobat semua membaca artikel Film Garuda 19 Semangat Membatu ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan Prosobat di Blog ini tanpa meninggalkan komentar, untuk itu silahkan berikan kritik dan saran Prosobat pada kolom komentar di bawah. Apabila prosobat ingin menyebar luaskan artikel ini, dimohon untuk menyertakan Link Sumber ke halaman Film Garuda 19 Semangat Membatu ini. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk Prosobat.

2 comments

film nya bagus sekali sangat mendidik,trim
Reply Delete
mau nonton film nya...bagi link nya donk

Reply Delete

Post a Comment

Cancel Reply