Thursday, June 26, 2014

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Menyenangkan

8 comments
Belajar bahasa Inggris memang tidak mudah bagi kita yang terbiasa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah untuk berkomunikasi sehari-hari, tulisan dibawah ini semoga bisa membantu prosobat yang mengalami kesulitan untuk belajar bahasa Inggris. Artikel ini hasil ngopi dari forum bugs4you karena menurut saya cukup menarik akhirnya saya bungkus dan bawa pulang untuk dibagikan kepada pembaca setia LupusZone. Ternyata ada trik khusus ni biar belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan, Nah, dalam tulisan ini prosobat bisa memperoleh beberapa tips menarik dalam mempelajari bahasa inggris.


Belajar bahasa Inggris memerlukan keseriusan lho, namun kalo dibikin fun, maka akan sangat menyenangkan. Berikut ini tips- tips buat prosobat semua.

1. Belajarlah Setiap Hari Cobalah untuk mengelokasikan beberapa saat setiap hari untuk pelajaran anda, idealnya saat otak anda sedang bisa menerima dengan baik. Ingatlah, lebih baik belajar 30 menit per hari dibandingkan 3 jam per minggu. Jika anda dapat menyediakan waktu sejam per hari, cobalah untuk membaginya menjadi 2 atau 3 sesi. Review Secara Teratur Ulangilah setiap pelajaran beberapa kali, misalnya sekali di pagi, sekali saat sore dan sekali lagi beberapa hari kemudian. Berikan waktu bagi otak anda untuk mencerna materi, tetapi yakinkan bahwa jarak antara masing-masing pelajaran tidak terlalu lama, misalnya lebih dari beberapa minggu. Jika tidak anda mungkin akan melupakan apa yang sedang anda pelajari. Pastikan bahwa anda sudah memeahami isi pelajaran yang ada sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Fokus Pada Hal yang Menarik

2.  Begitu anda sudah memahami dasar-dasar sebuah bahasa, segeralah praktekkan baik membaca/menulis/bicara mengenai hal yang menarik bagi anda. Dengan cara ini, anda akan lebih mudah mengingat kata-kata, frase dan gramatikal.
Lupa Bawa Kamus? Pake ms-word aja. Buat kamu-kamu yang baru belajar bahasa Inggris ataupun udah pinter mungkin pernah ngalamin bingung alias gak ngerti arti sebuah kata dalam bahasa inggris kan? Pasti. Nah biasanya kita pake kamus untuk mencari artinya.
Gimana kalo lagi gak ada kamus? Dalam tips ini kamu bisa memperoleh cara mencari arti kata dalam bahasa Inggris menggunakan pengolah kata yang sering kamu pake.... ms-word!!
Gimana caranya? Gampang. Pertama ketikkan kata yang mau kamu ketahui artinya di sebuah dokumen ms-word, boleh buka baru ataupun yang udah ada tulisannya. Setelah kamu yakin spelling alias tulisannya bener, di blok aja tuh kata yang kamu belum ngerti artinya tadi. Setelah itu klik tools dan pilih menu thesaurus. Kamu akan bisa melihat penjelasan dari arti kata tersebut beserta padanannya. Tentu saja dalam bahasa Inggris juga, tetapi kamu biasanya udah bisa nangkep artinya kok. Oh iya, kamu juga bisa pake short cut Shift+F7 setelah proses blok untuk mendapatkan hasil yang sama. Tips ini sangat berguna saat kamu belajar bahasa Inggris dan disuruh menerjemahkan sebuah artikel. Udah, ketik aja pake ms- word dan cari artinya menggunakan thesaurusnya. Gampang kan? Semoga bermanfaat.

3. Senang Musik ? Manfaatin buat belajar bahasa inggris. Senang ngedengerin musik? Ikutan Indonesian Idol tapi belum berhasil masuk? Nah daripada stress, pakai aja tuh hobi buat belajar bahasa Inggris. Mau tau caranya? Baca terus yah.... Kamu percaya gak kalau dibilang bahwa susahnya mempelajari sesuatu itu terjadi karena kita ndak suka sama yang kita pelajari. Nah, sebenarnya memang bisa dikatakan demikian. bayangin aja kayak gini, kalau kamu tidak menyukai sesuatu biasanya kamu males untuk mengenal lebih jauh, males meluangkan waktu, ketemu masalah sedikit langsung putus asa dan bilang "Ahhh, susah nih". Lain halnya kalau kamu menyukai sesuatu, apapun yang terjadi kamu pasti akan berusaha mati-matian untuk memahaminya. Contohnya kalau kamu seneng sama seseorang, pasti kamu akan berusaha mendapat informasi tentang dia no matter how hard kan? Nah, itu artinya kamu sedang mempelajari tentang orang yang kamu senengin itu. Jadi, kesimpulannya, kalau kamu suka, yang susah terasa mudah dan juga sebaliknya. Lha, terus apa hubungannya sama nyanyi? Gini... Kalau kamu seneng nyanyi tapi gak terlalu berminat sama bahasa Inggris, coba deh kamu mulai mencari lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Tentu saja cari yang lagunya enak dan penyanyinya kamu sukai baik karena suaranya maupun tampangnya. Logikanya, kalau kamu seneng ama lagu itu, kamu akan berusaha untuk emngerti arti lagu itu kan? Nah, secara tidak langsung kamu sudah menyenangi bahasa Inggris lantaran lagu itu. Gampang kan...
   
4. Sekarang saya akan menyampaikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat kamu dalam mempelajari bahasa Inggris lewat lagu: 1. Pilih lagu yang kamu sukai dan tentu saja penyanyinya juga lah. 2. Pilih lagu yang slow aja. Kenapa? Karena biasanya lagu slow lebih mudah ditangkep kata-katanya, cari juga lagu yang gak terlalu keras musik pengiringnya. 3. Cari teksnya, tetapi terlebih dahulu coba kamu dengerin dan tebak lirik lagunya, ini akan melatih logika bahasa dan listening kamu secara otomatis. Setelah kamu coba bikin lirik kamu coba cocokin sama lirik lagu yang sudah kamu peroleh. Cocok? Bagus. Kamu bisa cari lirik lagu di internet, caranya: googling aja pake keyword "lyrics ". 4. Coba ikut menyanyikan semirip mungkin dengan penyanyinya, hal ini akan melatih pronounciation kamu. 5. Kalau nemu kata-kata yang kamu gak ngerti, langsung cari di kamus, dan pake sesering mungkin dalam praktek ngomong. Biasanya lirik lagu diambil dari kata-kata yang sering dipakai, jadi kamu mestinya bisa mencoba mempraktekkannya sehari- hari. Kalau kamu ndak ada kesempatan praktek, coba aja buat kalimat sendiri dalam hati kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru tersebut lho. Nah dari sini, mustinya vocal kamu makin baik. 6.Terakhir, usahain jangan beli bajakan, biar kualitas suaranya bagus dan gak bikin kuping sakit.

Ok, gitu aja dulu. Jangan lupa praktekin yach, dan hope you can improve your english. Don't forget to send your comment to us.

Related Post

Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Prosobat semua membaca artikel Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Menyenangkan ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan Prosobat di Blog ini tanpa meninggalkan komentar, untuk itu silahkan berikan kritik dan saran Prosobat pada kolom komentar di bawah. Apabila prosobat ingin menyebar luaskan artikel ini, dimohon untuk menyertakan Link Sumber ke halaman Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Menyenangkan ini. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk Prosobat.

8 comments

trim infonya sangat tepat
Reply Delete
Menyenangkan sekali, belajar bahasa Inggris lewat lagu.
Terima kasih atas saran yang meneynangkan ini.

Salam blogger.
Reply Delete
salam semua gan, saya senang sekali bisa berkunjung dan bergabung disini. tenks all.
Reply Delete
salam semua gan, saya senang sekali bisa berkunjung dan bergabung disini. tenks all.
Reply Delete
salam semua gan, saya senang sekali bisa berkunjung dan bergabung disini. tenks all.
Reply Delete
Terimakasih Admin atas informasinya. saya sangat senang membacanya karena sangat menarik. baca juga artikel saya salah satunya obat bius merupakan salah satu obat medis yang sudah di kenal sejak lama biasanya para dokter menggunakanya sebagai senjata utama saat operasi agar pasien tidak merasakan sakit apapun juga bisa di gunakan untuk mengatasi orang yang mengalami gangguan jiwa sedang mengamuk agar bisa tenang
namun para remaja lebih menyukai berbentuk obat bius cair dengan alasan guna mengatasi ganguan hubungan rumah tangga karena banyak sekali salah satu dari pasangan merasakan kebosanan hubungan intim hal inilah yang menjadikan kurang harmonis.
tetapi ada yang salah kaprah untuk membedakanya soal obat tidur dengan sama jenisnya padahal kegunaanya berbeda sebab obat tidur sebagai bahan pokok mengatasi insomnia atau susah tidur dan obat bius untuk membuat orang pingsan.
tentunya obat tidur juga banyak jenisnya seperti obat tidur cair cara menggunakanya di campurkan ke minuman cukup di kasihb 5 tetes saja ke dalam satu botol minuman tinggal di aduk merata.
Reply Delete
artikel yang saya baca ini sangan membantu buat saya juga menambah masukan.
saya ingin sedikit berbagi pengalaman soal obat bius yang sangat populer di tahun ini karena banyak sekali keluhan dari konsumen masalah kurang harmonis dalam hubungan pasutri. bagi anda yang mengalami hal tersebut janganlah berkecil hati karena kami akan mengatasinya dengan jual obat bius asli germany yang mempu membuat wanita pingsan sekaligus merangsang akan naik gairah seksual yang dahsyat.

banyak ada yang salah menilai obat bius itu sama khasiatnya dengan obat tidur akan tetapi sangatlah berbeda fungsinya sudah jelas untuk mengatasi insomnia atau susah tidur karena memang penyakit tersebut sangatlah tidak enak bahkan bisa menyebabkan mata menjadi buram juga berkurangnya nafsu makan.

tetapi bagi anda yang mengalami ganguan susah tidur tidak usah kawatir sebab kami jual obat tidur yang sudah puluhan tahun menjadi kepercayaan bagi konsumen dengan layanan ramah juga sopan karena kepuasan konsumen adalah pilihan utama. obat tidur cair salah satunya yang mempunyai kandungan khusus mampu membuat orang cepat tertidur hingga lelap sekaligus bisa menyembuhkan penyakit insomnia.
Reply Delete

Post a Comment

Cancel Reply