Monday, December 20, 2010

Anak Bangsa Pencipta lagu "Garuda Di Dadaku"

0 comments


''Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku
Kuyakin hari ini pasti menang,
kobarkan semangatmu, tunjukan sportivitasmu,
kuyakin hari ini pasti menang''

Hmm... Itulah penggalan lirik lagu Garuda Di Dadaku yang saat ini menjadi sangat populer di kalangan pecinta sepak bola Indonesia, lagu ini biasa dinyanyikan para suporter sepak bola Indonesia pada saat tim kesayangan mereka bertanding, bukan hanya untuk mendukung timnas Indonesia saja, bahkan di liga Indonesia lagu ini sering kali terdengar untuk mendukung klub-klub sepakbola di tanah air, walaupun para suporter klub liga Indonesia mempunyai yel-yel atau nyanyian sendiri untuk mendukung tim kebanggannya namun sering kali lagu inipun terdengar secara bergantian dengan lagu-lagu suporter klub Liga Indonesia.

Siapa-siapa sajakah orang yang ada di balik suksesnya lagu Garuda Di Dadaku,

dan siapakah orang yang menciptakan lagu tersebut, beberapa sumber mengatakan bahwa lagu itu diciptakan oleh mantan ketua umum The Jakmania, yaitu Bung Ferry yang sekarang menjabat sebagai Assisten Manager Persija, dan di populerkan oleh grub band Netral yang menjadi Soundtrack Film yang berjudul sama "Garuda Di Dadaku".



Namun tampaknya informasi itu kurang tepat, nada lagu Garuda Di Dadaku sebenarnya berasal dari salah satu lagu daerah papua/Irian jaya yang berjudul "Apuse" , jadi salah besar jika ada sumber yang menyatakan bahwa pencipta lagu tersebut adalah Bung Ferry, mungkin lebih tepatnya Bung Ferry hanya pencipta lirik lagu Garuda Di Dadaku dan grup band Netral yang mengaransemen ulang lagu tersebut, dengan menggunakan nada, not,irama, dll dari lagu Apuse.


Dari ulasan diatas terlihat jelas perbedaannya antara pencipta murni dan mengaransemen ulang.
Sedikit pengetahuan tentang lagu "Apuse", lagu apuse sendiri berasal dari lagu tradisional Biak, menceritakan tentang perpisahan,yakni seorang anak yang berpamitan dengan ibunya, untuk pergi meninggalkan kampung halaman.

Lirik lagu Apuse:
"Apuse kokon dau 
ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar"



Video:





-Terimakasih buat Group Band Netral yang sudah mempopulerkan lagu ini
-Terimakasih bung Ferry atas kreativitasnya bersama anak-anak The Jak
-Terimakasih buat para suporter Indonesia yang mengkumandangkannya


Terlepas dari siapa yang menciptakan ataupun megaransemen ulang baik pencipta asli lagu Apuse ataupun Group Band Netral dan Bung Ferry The Jak,yang pastinya mereka adalah anak Bangsa dan milik Indonesia yang mempersatukan Bangsa Indonesia.


Garuda Selalu Di Dadaku, Bravo Timnas, Bravo Sepak Bola Indonesia

Related Post

Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Prosobat semua membaca artikel Anak Bangsa Pencipta lagu "Garuda Di Dadaku" ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan Prosobat di Blog ini tanpa meninggalkan komentar, untuk itu silahkan berikan kritik dan saran Prosobat pada kolom komentar di bawah. Apabila prosobat ingin menyebar luaskan artikel ini, dimohon untuk menyertakan Link Sumber ke halaman Anak Bangsa Pencipta lagu "Garuda Di Dadaku" ini. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk Prosobat.

0 comments

Post a Comment

Cancel Reply